Selasa, 18 Oktober 2011

Resume Resume PDB (Perilaku Dalam Berorganisasi) Pertemuan 1-6

Pertemuan I (Perilaku Organisasi)
Mengapa Perlu Mempelajari Perilaku Keorganisasian?
1. Mencapai tujuan
2. Menjaga dari perilaku perorangan, kelompok dan struktur dalam organisasi
3. Mencapai efisiensi dan efektivitas
 Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Keberhasilan Organisasi
• Mampu tidaknya manajer menjalankan fungsi manajemennya
• Tersedianya tenaga operasional yg trampil sesuai dengan bidangnya
• Tersedianya anggaran yg memadai
• Tersedianya sarana & prasarana kerja
• Adanya mekanisme kerja yg sesuai
• Iklim kerja yg positif

Apa yang dilakukan Manager 
  1. Membuat keputusan
  2. Membagi Sumberdaya
  3. Mengarahkan aktifitasnya untuk mencapai tujuan organisasi
Fungsi dasar manajemen
  • Planning 
  • Organization
  • Actuating
  • Control 
Atau bisa Disebut P.O.A.C



Peran manajer dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
1. Peran antar pribadi
  • Tokoh 
  • Pemimpin
  • Penghubung 
2.  Peran informasi
  • Pemantau
  • Penyebar
  • Juru bicara
3. Peran keputusan
  • Wirausaha
  • Pengatur gangguan
  • Alokator sumber daya
  • Perunding
OB (Organization Behavior)
OB (Organization Behavior) merupakan cara pikir pada tingkat individu kelompok dan organisasi.

Unsur pokok OB
  • Orang 
  • Struktur
  • Teknologi
  • Lingkungan
Disiplin ilmu dalam OB
  1. Psikologi
  2. Sosiologi
  3. Psikologi Sosial
  4. Antropologi
  5. Politik
Pertemuan II (Karakteristik Biografik)
 Karakteristik biografik adalah sifat pribadi tiap individu yg obyektif dan mudah diperoleh dari catatan pribadi individu. (Usia, Jenis Kelamin, Status Perkawinan, jumlah tanggungan, masa kerja, dll), Dalam organisasi, dikaitkan dengan kinerja dan kepuasan kerja.


Persepsi
yaitu proses dimana seseorang mengorganisasi dan menginterpretasi sensor/kesan yg ditangkapnya utk mengartikan lingkungan, perilaku orang didasari oleh persepsi mereka thdp sesuatu, bukan pd kenyataan yg terjadi.
Faktor-faktor Persepsi
1. Perceiver (orang yang merasakan) - kesan yg ditangkap oleh indra, yg dipengaruhi oleh karakter
pribadi seperti: sikap, motif, minat, pengalaman masa lalu, dan harapan
2. Target (sasaran) - karakteristik sasaran yang diamati dapat mempengaruhi persepsi seseorang
3. Situasi - elemen-elemen di sekitar sasaran, seperti: waktu, situasi kerja, situasi sosial

Persepsi Terhadap Orang Lain
1. Selective Perception - individu cenderung akan berpersepsi thdp org lain sesuai minat, latar belakang, dan pengalaman pribadinya
2. Halo Effect - dlm mengambil kesimpulan ttg org lain cenderung hanya memperhatikan satu karakteristiknya saja
3. Contrast effect - individu dlm mengevaluasi karakteristik seseorang cenderung membandingkan
dg org lain yg ditemui sebelumnya
4. Projection - individu menempatkan karakteristik pribadinya pd diri org lain yg hendak dinilainya
5. Stereotyping - individu cenderung menilai karakteristik seseorang berdasarkan karakteristik
kelompok asalnya

Tujuan Mempelajari Kepribadian
  • Menyelidiki kekuatan dan kelemahan sendiri, dan belajar bagaimana caranya menonjolkan segi positif dan menyingkirkan segi negatif
  • Memahami orang lain dan menyadari bahwa orang lain berbeda tidak berarti bahwa perilaku mereka salah
Pertemuan III (Nilai, Sikap dan Kepuasan Kerja)
NILAI/VALUE
 Nilai merupakan keyakinan mendasar yang menggambarkan pendirian individu bahwa sesuatu hal/perilaku lebih baik/benar daripada hal/perilaku yang lain.
Diperlukan karena…
• memberikan dasar pengertian ttg sikap dan motivasi seseorang
• mempengaruhi persepsi dlm memandang suatu hal/sikap/masalah

6 Tipe Nilai (menurut Allport and
Associate (dalam Robbins, 1993))
• Theoritical : nilai yg mengutamakan penemuan/pencarian kebenaran melalui pendekatan rasional dan kritikal
• Economic : nilai yg menekankan kegunaan dan kepraktisan
• Aesthetic : nilai yg mengagungkan bentuk dan keharmonisan
• Social : nilai yg menekankan kecintaan terhadap orang-orang
• Political : nilai yg menitikberatkan pada kekuasaan dan pengaruh
• Religious : nilai yg berkaitan dengan pengalaman dan pemahaman yang sama tentang alam semesta
SIKAP / ATTITUDE
Sikap/Attitude Pernyataan/pertimbangan evaluatif (baik yang diinginkan atau yang tidak) mengenai objek, orang, atau peristiwa.
Komponan Sikap
• Kognitif : segmen pendapat/keyakinan dari suatu sikap
• Afektif : segmen emosional/perasaan dari suatu sikap
• Psikomotorik (perilaku) : alasan untuk berperilaku dalam suatu cara tertentu terhadap seseorang/sesuatu.
Kepuasan Kerja
• Sikap individu secara umum thdp pekerjaannya
• Seperangkat perasaan pegawai ttg menyenangkan/tidaknya pekerjaan mereka
• Hasil akhir yg komplek dr berbagai macam unsur pekerjaan, yaitu orang, peraturan, organisasi, serta lingkungan.
Pertemuan IV (Motivasi)
French and Raven :
– Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk menunjukkan perilaku tertentu. • Greeberg & Baron (1997):
– Motivation as a set of process that arouse, direct, and maintain human behavior toward attaining some goal 

 
Tiga Komponen Motivasi
Arousal, sesuatu yang membangkitkan drive/dorongan
• Direct, arah tindakan yang akan diambil
• Maintenance, seberapa lama seseorang akan bertahan untuk mencapai tujuannya

Motivation Theory
Content Theory
– Faktor-faktor yang membangkitkan, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku berasal dari dalam individu
– Apa yang menyebabkan seseorang termotivasi?
• Process Theory
– Bagaimana perilaku dibangkitkan, diarahkan, dan dipertahankan
– Mengapa seseorang termotivasi?
Pertemuan V ( Perilaku dalam Berkelompok & Komunikasi)
TIPE KELOMPOK1. Kelompok formal
 Suatu kelompok kerja yang ditandai dengan struktur organisasi, aturan, fungsi dan lain-lain
a. Kelompok Komando (command group) - Kelompok yang tersusun oleh atasan dan bawahan dan ditentukan oleh bagan organisasi
b. Kelompok Tugas (task group) - Kelompok yang ditetapkan secara organisasional yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas
2. Kelompok informal
 Suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal atau tidak ditetapkan secara organisasi, terdiri dari dua tipe yaitu :
a. Kelompok Kepentingan (interest group) Kelompok yang bekerja sama untuk mencapai suatu sasaran khusus yang menjadi kepedulian bersama
b. Kelompok Persahabatan (friendship group) Kelompok yang bersama-sama karena mempunyai kesamaan karakter

ALASAN BERKELOMPOK
  • Keamanan
  • Status
  • Harga diri
  • Afiliasi/pertalian
  • Kekuasaan
  • Pencapaian Tujuan
Komunikasi
 Adalah proses pengiriman ide atau pikiran, dari satu orang kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang yang menerimanya ( C.A.Brown)

KOMUNIKASI SULIT ??
HETEROGEN PEOPLE
- BEDA LATAR BELAKANG
- BEDA TINGKAT PENDIDIKAN
- BEDA PENGALAMAN / PARADIGMA
- BEDA PEKERJAAN, KEBUTUHAN
- BEDA KEDUDUKAN
- BEDA GAYA

FUNGSI KOMUNIKASI
• fungsi kontrol : pengendali perilaku
• fungsi motivasi : faktor meningkatkan motivasi
• fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
• fungsi informasi : penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan

1 komentar: